Sunday , December 16 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / “Me Time”: Benarkah Setiap Ibu Membutuhkannya?

“Me Time”: Benarkah Setiap Ibu Membutuhkannya?

Benarkah setiap Ibu Membutuhkan Me Time?

“Me Time” adalah waktu luang khusus untuk memperhatikan diri sendiri di sela-sela kesibukan sehari-hari. Terutama untuk seorang ibu yang bekerja atau yang disibukkan dengan padatnya urusan rumah tangga, me time sangat dibutuhkan sebagai pelepas stress, sekaligus momen untuk refleksi dan mengembangkan potensi diri.

me time
sumber: womenontheirway.com

Seperti dilansir ayahbunda.com, Cheryl Richardson, penulis buku “Stand Up for Your Life” mengatakan ibu baru tetap harus memiliki me time untuk memulihkan energi, sehingga mampu menjalankan perannya sebagai ibu dengan lebih baik. Nah, bagaimana dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan me time ini?

1. Bangun lebih pagi

Setiap orang memiliki waktu luang yang berbeda-beda. Namun umumnya, waktu yang pas untuk Anda melakukan me time di rumah adalah pagi hari, ketika seisi rumah belum terbangun atau sebelum aktivitas pagi dimulai. Jadi, aturlah waktu tidur dan bangun pagi Anda lebih awal agar Anda sempat ber-me time tanpa terburu-buru. Berapa lama? Anda bisa meluangkan 30-90 menit, tergantung apa yang akan Anda lakukan di waktu luang itu.

2. Senangkan diri

Lakukan hobi atau hal-hal positif yang menyenangkan diri Anda, namun pastinya tetap bertanggung jawab. Me time jangan sampai menjadi alasan untuk mengabaikan kewajiban-kewajiban Anda sebagai ibu, istri, atau karyawan. Atur waktu untuk melakukan apa yang membuat Anda senang. Suka menonton film? Jika Anda merasa bersalah untuk meluangkan waktu menonton di bioskop, Anda bisa menyewa VCD/DVD untuk ditonton di rumah saat me time. Atau kalau Anda senang melakukan perawatan di salon, pastikan Anda sudah membereskan pekerjaan rumah dan menitipkan anak pada orang yang tepat.

3. Tetap bersosialisasi

Seringkali ibu rumah tangga atau ibu bekerja tak lagi punya banyak waktu untuk bertemu atau berkumpul dengan teman/sahabat. Nah, manfaatkan teknologi internet seperti bergabung di sosial media atau menggunakan aplikasi chatting agar bisa tetap berkomunikasi dengan teman/sahabat. Anda juga perlu bergabung di komunitas/grup yang bermanfaat sehingga bisa menyerap ilmu-ilmu baru yang berkaitan dengan dunia ibu/wanita, hobi, dan hal-hal favorit Anda. Namun penting diingat bahwa Anda tak perlu memaksakan diri untuk selalu up to date, karena yang utama adalah tujuan bersosialisasi yang bermanfaat, bukan medianya.

4. Mencoba hal baru

Me time bisa diisi dengan mencoba ketrampilan atau hal-hal baru. Misalnya kalau Anda tidak suka membaca, mulailah membaca majalah atau buku yang menarik seperti novel fiksi atau komedi, tidak harus buku yang ‘berat’. Anda juga bisa mencoba resep-resep ringan, olahraga seperti yoga, menulis (cerita, puisi, atau di blog), menjahit, atau beragam ketrampilan dan kerajinan tangan lainnya. Siapa tahu ternyata hal tersebut bisa mendatangkan rejeki, asik kan?

5. Istirahat

Ya, pekerjaan rumah dan kantor bisa jadi amat padat, namun tetap luangkanlah waktu untuk beristirahat. Manfaatkan waktu istirahat kantor sebaik mungkin untuk menyegarkan pikiran Anda. Jika Anda bekerja di rumah, aturlah waktu agar Anda sempat beristirahat atau tidur barang 30-60 menit. Dan tentunya, waktu tidur malam juga harus cukup sebelum Anda bangun lebih pagi untuk me time yang menyenangkan.

Nah, me time yang tepat dan pas akan membantu Anda lebih santai, tetap semangat, dan bahagia menjalani hari-hari sibuk Anda. Selamat mencoba!

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

ke dokter gigi

Rutin Ke Dokter Gigi Mulai Sekarang Yuk!

Seberapa Penting Pergi Ke Dokter Gigi? Sudahkah Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi tahun …