Friday, July 20, 2018

Memulai Bisnis dari Hobi Sendiri? Ini Caranya!

Tips Memulai Bisnis dari Hobi Sendiri

Banyak sekali pengusaha yang memulai karir cemerlangnya dengan melakukan apa yang mereka bisa dan suka. Berbekal kemampuan dan kecintaan pada hobi, Anda bisa mengubah hobi menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, bahkan mata pencaharian.

bisnis dari hobi
sumber: tulisbaca.com

Sebelum mendapatkan keuntungan besar, Anda bisa memulainya dari bisnis kecil-kecilan. Tidak hanya melukis atau menulis, ada banyak hobi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk Anda (baca: 7 Hobi Ini Bisa Mendatangkan Uang). Lalu, bagaimana caranya memulai bisnis dari hobi ini? Simak strateginya berikut ini:

1. Kenali hobi

Anda punya lebih dari satu hobi? Sebelum mulai berbisnis, kenali dulu hobi mana yang paling Anda sukai atau mana yang paling banyak mendatangkan uang. Untuk pemula, Anda memang sebaiknya fokus pada satu hobi sebelum mengembangkan bisnis dari hobi lainnya.

Setelah menentukan pilihan hobi yang paling dominan, pikirkan untuk menambah wasasan dan meningkatkan kemampuan/ketrampilan Anda menekuni hobi tersebut. Anda bisa bergabung dengan komunitas tertentu atau melakukan eksperimen-eksperimen kecil dengan panduan internet atau buku.

Baca juga: Mungkinkah Menjadi Sukses karena Hobi?

2. Tunjukkan keberanian

Yakinkan diri Anda untuk lebih berani. Miliki keberanian besar untuk mencoba, membaca peluang, menunjukkan kemampuan, dan menerima resiko. Anda juga perlu menyiapkan mental untuk berani gagal dan berani bangkit lagi dengan ide atau solusi.

3. Jual atau ajarkan hobi

Kalau hobi Anda merupakan kegiatan yang menghasilkan sesuatu, Anda bisa menjualnya, misalnya hobi merajut, memasak, membuat kerajinan, atau membuat dekorasi. Mulailah memasarkan produk hobi Anda kepada teman, rekan kerja Anda atau pasangan, dan saudara. Nah, Anda juga bisa mengajarkan hobi yang Anda tekuni kepada orang lain, seperti membuka kelas melukis/menggambar, kelas memasak, kelas piano atau gitar, atau membuka kursus bahasa asing di rumah.

4. Membaca pasar

Tentukan pasar Anda: kepada siapa bisnis Anda ditujukan, dimana, dan bagaimana. Sama dengan membaca peluang, jika Anda tidak pandai membaca pasar, maka bisnis itu tidak akan berhasil. Nah, Anda bisa mengikuti seminar-seminar atau kursus singkat mengenai bisnis seperti saran Sandra Altner, CEO dari Women’s Enterprise Center of Manitoba (brighterlife.co.id). Sandra Altner juga menyarakankan agar Anda membuat perencanaan bisnis yang detil dan mengenali kompetitor, terutama sebelum menentukan harga.

Baca juga: 5 Hobi Menarik yang Patut Anda Coba!

5. Buat brand untuk promosi

Terutama untuk produk yang dihasilkan dari hobi, buatlah brand Anda sendiri. Kemudian promosikan produk, karya, atau jasa Anda dengan memanfaatkan teknologi, misalnya melalui sosial media. Buatlah akun bisnis menggunakan brand ciptaan Anda, lalu aktiflah mengenalkan brand tersebut kepada banyak orang.

6. Pahami nilai plus minus-nya

Ketahuilah sisi lebih dan kurang bisnis yang Anda tekuni dari hobi tersebut agar Anda tahu apa yang mesti ditingkatkan dan diperbaiki. Siapkan juga antisipasi dari kemungkinan kendala yang muncul ketika bisnis berjalan. Sebaiknya Anda juga selalu cermat dalam memperhitungkan untung ruginya.

7. Konsisten dan serius

Nah, setelah menetapkan niat dan mempersiapkan perencanaan yang matang, Anda harus benar-benar serius dan konsisten menjalankan bisnis tersebut. Tentu saja Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu menekuni dan mengurus bisnis yang Anda jalankan. Fokus pada segala usaha untuk mengembangkan bisnis dan berlakulah profesional, karena yang Anda lakukan sudah bukan sekadar hobi.

Well, ladies, sudah siap berbisnis?

Semoga bermanfaat.