Wednesday , October 17 2018
Home / Ibu dan Anak / Perkembangan Anak / 5 Kebiasaan Positif Di Rumah untuk Tumbuh Kembang Anak

5 Kebiasaan Positif Di Rumah untuk Tumbuh Kembang Anak

Terapkan Kebiasaan Positif di Rumah ini kepada Anak!

Tidak banyak orang tua yang menyadari fungsi utama mereka sebagai home educator. Kebanyakan malah menyerahkan tanggung jawab sebagai pendidik secara penuh kepada para guru di sekolah. Rumah yang sejatinya menjadi sekolah pertama bagi buah hati malah dipenuhi dengan kebiasaan-kebiasaan yang kurang mendidik dan cenderung negatif. TV menyala 24 jam non stop. Musik yang tidak sepatutnya dikonsumsi oleh anak-anak diperdengarkan terus-menerus, dan banyak lagi kebiasaan tidak sehat lainnya yang terjadi di rumah.

ide seru weekend
sumber: rumahku.com

Bila Ayah Bunda menginginkan buah hati berkembang secara positif, maka alangkah baiknya menyimak tips-tips menciptakan kebiasaan positif di rumah berikut demi tumbuh kembang buah hati Anda.

1. Berilah contoh gaya hidup yang sehat

Sadar atau tidak, buah hati Anda terus melihat dan mendengarkan apa yang Anda lakukan dan katakan. Karena itu untuk dapat menanamkan nila-nilai yang positif pada diri anak, Anda bisa memulainya dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat. Bangunlah pagi-pagi. Usahakan untuk mengawali hari dengan ibadah dan olah raga. Sediakan makanan yang sehat untuk sarapan mereka. Hindari makanan instan berzat additive. Makanlah bersama-sama di meja makan untuk menciptakan keakraban. Saat berlibur, rencanakanlah kegiatan liburan yang positif di mana anak-anak bisa belajar banyak hal.

2. Buat anak Anda tetap aktif

Berikan batasan waktu bagi mereka untuk melakukan aktifitas-aktifitas pasif dalam waktu luang seperti menonton TV dan bermain video game. Bila mereka menonton TV, dampingi dan pilihlah tayangan yang positif bagi mereka. Buat mereka terus aktif dengan melakukan berbagai aktifitas fisik seperti membersihkan rumah, mencuci piring dan baju, dan juga berolah raga. Jangan lupa membuat daya pikir mereka terus aktif dengan menyediakan daftar bacaan yang sehat, informatif, dan sesuai dengan minat dan usia mereka.

3. Sediakan aneka makanan sehat di rumah

Menurut para ahli gizi, makanan yang sehat dan beraneka ragam akan membuat Anda dan keluarga memiliki kesehatan prima. Aneka sayuran dan buah yang beraneka ragam warnanya memiliki kandungan berbeda-beda yang semuanya dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, usahakan untuk memasak sendiri demi menjaga kebersihan dan kesehatan asupan gizi keluarga.

4. Sediakan waktu keluarga agar dapat menjalin keakraban

Makan bersama di meja makan, menonton TV bersama, bermain monopoli bersama, barbeque bersama, atau piknik bersama adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga demi terjalinnya keakraban. Namun ingat agar Anda menjauhkan diri dari berbagai gadget dan juga pekerjaan pada saat-saat seperti ini.

5. Hindari pertengkaran di depan anak

Perselisihan antara suami istri wajar saja terjadi. Namun alangkah baiknya bila Anda tidak beradu mulut di depan buah hati demi menjaga perasaan mereka dan juga kondisi psikis mereka.

Ayah Bunda, mari kita ciptakan kondisi rumah yang kondusif bagi perkembangan buah hati!

(ana)

About Ana Zahida

Seorang perdana menteri rumah tangga yang lumayan hobi menulis, bekerja sampingan sebagai pengajar dan juga penerjemah paruh waktu, percaya bahwa Tuhan menganugerahkan manusia kehidupan dan alam raya untuk terus dipelajari dan jelajahi tiap relungnya. The universe is the best place to learn!

Check Also

Perlukah Stroller atau Kereta Dorong untuk Buah Hati Anda?

Kereta Dorong untuk Anak, Perlukah? Ibu-ibu muda jaman sekarang boleh dibilang sangat beruntung karena hampir …