Wednesday, December 13, 2017

Mengapa Rasulullah Jarang Sakit? Ini Jawabannya!

Ini Alasan Rasulullah Jarang Sakit

Berdasarkan riwayat, diketahui bahwa Rasulullah hanya pernah menderita sakit selama dua kali, yaitu pertama saat beliau menerima wahyu hingga menderita demam dan menggigil hebat dan saat beliau akan meninggal. Hal ini menunjukkan bahwa Rasul memang memiliki fisik dan daya tahan tubuh yang sungguh prima meskipun kondisi cuaca di jazirah Arab sangatlah ekstrim dan lepas dari fakta bahwa beliau terlibat dalam banyak peperangan.

rasulullah jarang sakit
sumber: wordpress.com

Apa rahasia di balik fisik dan daya tahan tubuh prima Rasulullah? Berikut ulasan lengkapnya mengapa rasulullah jarang sakit!

1. Selektif memilih makanan

Beliau tidak akan mengonsumsi makanan yang tidak memenuhi kriteria halal dan baik (thayib). Kriteria pertama, halal, terkait dengan aspek akhirat yaitu halal cara mendapatkannya dan halal barangnya. Sedangkan kriteria baik terkait dengan aspek duniawi, apakah makanan itu bergizi, higienis, atau tidak. Raslullah memiliki tips khusus untuk membersihkan tubuh dan pencernaan dari berbagai zat berbahaya. Setiap pagi beliau mengawali hari dengan meminum madu dicampur air hangat. Ini sesuai dengan sabdanya agar kita menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Alqur’an.

Baca juga: Inilah Manfaatnya Sering Membaca Istighfar!

2. Tidak makan kecuali lapar dan berhenti makan sebelum kenyang

Lapar merupakan pertanda bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan. Bila pertanda ini belum muncul maka sejatinya tubuh belum membutuhkan asupan makanan. Idealnya perut kita dibagi menjadi tiga, sepertiga untuk makanan, seperti air, dan sepertiga udara. Memenuhi perut dengan makanan tidak akan menyehatkan. Beberapa suap makanan cukup untuk mengembalikan fungsi tubuh sebagaimana hadis yang diriwayatkan Ibnu Majjah dan Ibnu Hibban.

3. Makan dengan tenang, duduk, dan tidak tergesa-gesa

Makan dengan tempo sedang memungkinkan kita untuk mengunyah makanan dengan baik sehingga meringankan kerja organ pencernaan. Fakta membuktikan bahwa makanan yang dikunyah kurang dari 18 kali dapat memperberat kerja organ pencernaan. Selain itu, makan dengan duduk dan tenang juga tidak akan membuat kita tersedak, tergigit, dan dapat menikmati rasa makanan dengan lebih baik.

Baca juga: Tips Cantik dan Sehat Ala Para Istri Nabi

4. Cepat tidur dan cepat bangun

Rasul menyegarakan tidur setelah shalat isya’ dan akan terbangun pada dua pertiga malam untuk mendirikan qiyamul lail. Beliau selalu tidur secukupnya, sekitar 6-7 jam, dan tidak menahan diri dari tidur bila memang perlu tidur. Ini sesuai dengan penelitian ahli psikiatri Universitas California, Daniel F. Kripke yang menyebutkan bahwa tidur berlebihan sekitar 8 jam sehari mempercepat resiko kematian.

Cara tidurnya pun penuh makna, beliau tidur miring ke kanan sambil terus berzikir hingga kantuk mengantarnya ke alam mimpi.

5. Istiqomah dengan puasa sunnah

Rasul secara istiqomah menjalankan berbagai puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis, yaumul Bidh, Daud, puasa 6 hari bulan Syawwal, tarwiyah arofah, dan lain-lain. Puasa terbukti dapat berfungsi sebagai detoksifikasi alami dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, Anda ingin selalu sehat? 5 tips rahasia sehat Rasul ini dapat menjadi inspirasi!