Sunday , December 16 2018
Home / Inspirasi / Melihat Lebih Dekat Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa di Sekitar Kita

Melihat Lebih Dekat Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa di Sekitar Kita

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa di Sekitar Kita

Hari Pahlawan selalu diperingati dengan rangkaian kegiatan seremonial untuk mengenang jasa para pahlawan yang dulu berjuang demi membebaskan Indonesia dari genggaman penjajah. Apakah yang disebut pahlawan hanya mereka yang namanya tercantum dalam sejarah? Tidak. Setiap individu adalah pahlawan, karena pahlawan sejatinya adalah orang yang rela dan ikhlas bekerja atau berjuang demi dirinya, keluarga, ataupun orang-orang di sekelilingnya. Nah, tahukah Anda siapa saja para pahlawan di sekitar kita yang juga perlu diberi penghargaan atas jasanya membantu banyak orang?

para pahlawan tanpa tanda jasa
sumber: wordpress.com

1. Petugas kebersihan

Bayangkan jika tak ada satu pun petugas kebersihan di suatu kota, wah! Para petugas kebersihan, layak disebut pahlawan. Mereka rutin membersihkan taman, kantor/sekolah, jalan-jalan, dan setiap sudut kota, agar selalu tampak bersih. Anda mungkin sering melupakan atau bahkan menyepelekan jasa para petugas kebersihan. Coba ingat-ingat, apakah Anda masih suka membuang sampah sembarangan ketika sedang menonton konser, mengunjungi pasar malam, atau menyaksikan parade/festival? Lalu siapa yang menyulap tempat tersebut menjadi kembali bersih keesokan harinya?

2. Polisi cepek

Mungkin polisi cepek ini tidak selalu ada di setiap persimpangan jalan. Mereka adalah orang-orang yang membantu menertibkan kendaraan di persimpangan jalan-jalan yang padat. Disebut polisi cepek karena biasanya pengemudi yang merasa terbantu memberi mereka sedikit uang (dulu cepek alias 100 rupiah) sebagai imbalan.

3. Satpam / petugas keamanan / security guard

Anda pasti bertemu dengan mereka di tempat-tempat umum seperti swalayan, bank, juga di kantor. Apakah Anda selalu menyapa mereka atau hanya sekilas melihat dan berlalu? Para petugas keamanan berjaga di pintu masuk bukan tanpa tujuan. Mereka disana untuk memastikan lingkungan tempat tersebut aman dan bebas dari orang-orang yang berniat tidak baik, sekaligus membantu para pengunjung, seperti yang mungkin pernah Anda lihat di bank terutama di bilik ATM.

4. Asisten rumah tangga

Mungkin beberapa dari Anda memiliki asisten rumah tangga, orang yang membantu meringankan pekerjaan rumah tangga di rumah. Kejadian tidak menyenangkan yang sering kita dengar, lihat, atau baca di berita bisa jadi merupakan efek dari kurangnya rasa berterima kasih dan kepedulian pemilik rumah pada asisten rumah tangganya. Mereka adalah manusia yang juga memiliki perasaan, bukan robot yang bisa melakukan banyak hal dengan asal perintah ini itu.

5. Pelayan rumah makan/warung

Di beberapa tempat makan, Anda tidak bisa atau bahkan tidak dibolehkan mengambil dan menyiapkan makanan Anda sendiri. Ada pelayan yang akan membantu Anda, mulai dari mengantarkan menu hidangan, menawarkan menu khusus, membawakan makanan dan minuman, atau membawa sesuatu yang Anda minta. Ingatlah bahwa para pelayan ini tidak hanya melayani pesanan Anda seorang, dan sekali lagi, mereka bukan robot.

6. Perawat

Para perawat berjaga dengan jadwal/shift tertentu untuk membantu sebagian besar kebutuhan para pasien. Tak jarang seorang perawat melayani lebih dari satu pasien sekaligus. Bisa Anda bayangkan betapa lelah dan sibuknya para perawat ini.

Penghargaan paling sederhana yang bisa Anda berikan kepada mereka adalah sapaan ramah, senyuman dan ucapan terima kasih yang tulus. Jangan lupa untuk selalu berkata “tolong” ketika membutuhkan bantuan.

Nah, apakah Anda bertemu pahlawan-pahlawan lainnya di sekitar Anda? Sudahkah Anda memberi penghargaan dan menghargai jasa-jasa para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut?

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

ide usaha hasilkan uang dari rumah

Ibu Kreatif: 5 Ide Usaha Hasilkan Uang dari Rumah

Ide Usaha Hasilkan Uang Ini bisa Dilakukan dari Rumah Siapa bilang ibu rumah tangga tak …