Saturday, February 24, 2018

10 Cara Menjadi Orang Tua Hebat Tanpa Hukuman Fisik

Menghindari Hukuman Fisik dan Menjadi Orang Tua Hebat!

Meskipun menjadi orang tua adalah sebuah perjalanan panjang penuh perjuangan dan cobaan, tidak dipungkiri ia juga merupakan bentuk investasi masa depan. Saat sang anak beranjak dewasa dan meraih berbagai prestasi, pengorbanan orang tua seolah lunas terbayar. Pertanyaan terbesarnya kemudian adalah:

bagaimana menjadi orang tua yang hebat? Bagaimana agar investasi yang kita tanam menghadirkan masa depan cemerlang bagi anak?

menjadi orang tua hebat
sumber: gstatic.com

Berikut sepuluh tips yang patut diterapkan dalam mendidik buah hati untuk menjadi orang tua hebat:

1. Tunjukkan kasih sayang

Tunjukkan kasih sayang dan kehangatan kepada anak setiap saat dan semampu Anda. Kasih sayang dan kehangatan orang tua yang melimpah akan membentuk karakter anak yang lembut dan penuh kasih.

2. Tetapkan Peraturan

Buatlah peraturan-peraturan sederhana dan juga batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ingat, Anda juga harus konsisten menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Hukuman Fisik pada Anak: Masih Efektifkah?

3. Jadilah Teladan

Berilah contoh yang baik dalam bersikap; sealu beri alasan dan penjelasan tiap kali Anda meminta anak melakukan sesuatu ataupun melarang. Jangan lupa mendengarkan dan menghargai pendapatnya juga.

4. Berikan Pujian

Pujilah sikap manis mereka dengan kata-kata yang manis pula. Hal ini akan membentuk pola perilaku positif pada diri mereka.

5. Abaikan

Abaikan perilaku anak yang tidak ingin Anda lihat. Namun bila anak masih suka melakukannya, coba ingatkan dengan cara yang dapat dipahaminya dengan mudah.

Baca juga: Inilah Cara Bijak dalam merespon Perilaku Anak

6. Berikan Kritikan

Kritiklah sikap yang menurut Anda kurang baik; jangan mengkritik dirinya. Tunjukkan sikap tidak setuju dan jelaskan alasannya. Bila sikapnya berlanjut, tegurlah ia.

7. Berilah Hadiah

Berilah hadiah bila ia melakukan sesuatu yang baik. Ingat, hadiah tidak harus berupa benda-benda. Pelukan, ciuman, ataupun memasak makanan kesukaannya akan menjadi hadiah yang tak kalah istimewa.

8. Alihkan perhatian

Bila masih kecil, jangan melarangnya melakukan sesuatu. Coba alihkan perhatiannya pada hal-hal lain atau ajaklah bercanda bila si kecil terus merengek.

9. Berdiskusi

Latihlah anak Anda untuk membuat keputusan-keputusan tertentu. Ajak ia berdiskusi agar keputusan yang diambilnya cukup bijak.

10. Time out

Jika pada situasi tertentu diperlukan hukuman, berlakukan sistem “time out” dengan memintanya berada di luar beberapa saat, memintanya membersihkan sesuatu, atau dengan mengambil hak istimewanya akan sesuatu. Atau biarkan ia menjalani konsekuensi perbuatannya.

Demikian berbagai tips orang tua hebat demi membentuk karakter hebat anak. Yang perlu diingat, semua hal di atas perlu dilakukan atas dasar kasih sayang. Bukan karena luapan emosi sesaat yang berujung kekerasan pada anak. (ana)