Monday , December 10 2018
Home / Ibu dan Anak / ASI & MPASI / Sukses ASIx: Tips ASI Eksklusif untuk Buah Hati

Sukses ASIx: Tips ASI Eksklusif untuk Buah Hati

Lakukan ini Agar ASI Eksklusif Lancar!

ASI eksklusif atau yang lebih dikenal dengan kata ASIX adalah pemberian ASI kepada bayi tanpa campur tangan bahan makanan atau minuman lain sampai bayi berumur 6 bulan, termasuk air putih. Pemberian ASI dianjurkan tetap diberikan hingga usia anak 2 tahun.

asi eksklusif
sumber: blogspot.com

Berikut tips dalam rangka menuju sukses asix :

1. Keras kepala dan kekeuh bisa ASIX

Positif thinking adalah hal penting yang berpengaruh dalam proses suksesnya ASIX, tanamkan dalam diri ibu bahwa ASI akan segera keluar setelah persalinan, bahwa ASI akan selalu mencukupi kebutuhan bayi, dan bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi bayi.

2. Libatkan orang terkasih

Cekoki ayah dengan pengetahuan-pengetahuan per-ASI-an, mintalah ayah agar selalu memberikan dukungan terbaiknya, bekerjasamalah dengan ayah dalam sukses ASI (red : ayah ASI).

3. Kenali jenis nipple (puting) anda

Apakah ibu termasuk flat/inverted nipple ? jika iya, maka janganlah khawatir karena ASI tidak hanya keluar melalui nipple, tetapi pada aerola (daerah sekitar nipple yang berwarna kehitaman). Namun tetap dengan latch on (pelekatan) yang benar.

Berikut ini beberapa solusi yang bisa ibu persiapkan :

  • Penggunaan nipple former sejak hamil trimester 3 (umumnya saat menginjak usia kehamilan 34 minggu). Penggunaan berkala akan membuat puting lebih menonjol keluar.
  • Setelah bayi lahir, tarik puting dengan nipple puller sebelum Anda mulai menyusui.
  • Gunakan nipple shield untuk membantu bayi menyusui, tapi hindarkan segera sedini mungkin.
  • Breastpump untuk memompa ASI

4. Kuatkan mental dalam menghadapi tekanan sekitar

Hal yang belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah bayi baru lahir bisa bertahan hidup tanpa asupan ASI sampai 48 jam bahkan 72 jam (Sisca Baroto-Utomo, AIMI, di link ini). Jadi kuatkan diri dari paksaan pihak sekitar untuk memberi cairan lain kepada bayi manakala ASI ibu belum keluar.

5. Survey tempat persalinan yang pro ASI

Cari lokasi persalinan yang sepaham dengan ibu dalam program pro ASI, yang mendukung IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan juga rooming-in. Kalaupun tidak ada, buat perjanjian dengan pihak terkait agar tidak memberikan cairan lain selain ASI tanpa persetujuan orang tua bayi. (blqz)

About Bilkis Mukhlisoti

Ibu dari 1 putra berumur 2 tahun (Dan sedang mengandung anak kedua, insya Allah) yang bekerja pada salah satu instansi negara. Sejak bergabung dengan beberapa milis kesehatan dan anak, saya banyak belajar mengenai dunia laktasi, Rational Use of Medicine, Patient Safety, dan mempunyai keinginan besar untuk mengedukasi masyarakat." "Manusia melakukan apa yang mampu ia lakukan, sampai takdirnya terungkap"

Check Also

tampil cantik saat menyusui

ASIP: Sukses Menyusui bagi Ibu Bekerja, Kenapa Tidak?

Tips Menyusui bagi Ibu Bekerja Sejalan dengan perkembangan kemajuan teknologi, membanjirnya tenaga wanita dalam dunia …