Friday , October 19 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Minum Jus Jeruk di Pagi Hari: Menyehatkan atau Bikin Sakit Perut?

Minum Jus Jeruk di Pagi Hari: Menyehatkan atau Bikin Sakit Perut?

Baikkah Minum Jus di Pagi Hari?

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa banyak orang di Eropa atau Amerika biasa minum jus jeruk di pagi hari? Apakah itu hanya tradisi, gaya hidup, atau memang bermanfaat untuk kesehatan? Nah, berikut ini ulasan fakta seputar kebiasaan minum jus jeruk di pagi hari:

minum jus jeruk di pagi hari
sumber: blogspot.com

1. Populer sejak 1940

Jus jeruk merupakan minuman kedua terpopuler yang disajikan saat sarapan setelah kopi. Kebiasaan minum jus jeruk di pagi hari sudah lama dilakukan terutama di negara-negara eksportir jeruk terbesar di dunia yakni Amerika, Brazil, dan Argentina. Menurut mrbreakfast.com, kualitas jus jeruk di Amerika jauh lebih baik dibandingkan di negara-negara lainnya.

2. Aroma yang membangkitkan semangat

Selain kandungan vitaminnya, aroma segar jeruk dipercaya mampu memicu semangat, meningkatkan energi, dan mencegah kantuk. Surat kabar Washington Post tahun 2005 (detik.com) pernah melaporkan bahwa pembeli jus jeruk cenderung memiliki hidup yang lebih menyenangkan.

3. Pilihan jus pagi hari

Sebaiknya pilih jeruk yang manis sebagai jus yang diminum saat sarapan pagi, bukan yang asam. Atau Anda bisa memilih buah lainnya seperti pepaya, pisang, apel, juga wortel. Selain jus buah, Anda juga bisa mencoba minum air hangat dicampur perasan lemon setelah bangun tidur. Lemon juga kaya serat dan vitamin C yang baik untuk kesehatan mulut, menyegarkan tenggorokan, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Namun untuk Anda yang perut dan tenggorokannya cukup sensitif, lebih baik tidak mengonsumsi minuman-minuman jeruk ini, terutama dalam keadaan perut kosong.

4. Racik jus sendiri

 Jus jeruk yang menyehatkan sebenarnya adalah yang diperas dan diracik sendiri, bukan jus dalam kemasan. Kenapa? Kandungan gula pada jus kemasan cukup tinggi dan bisa memicu diabetes.

5. Minum ampasnya

Kalau Anda mengolah jus dengan blender/juicer, jangan tinggalkan ampasnya. Minum ampasnya bersama dengan air jus, karena serat dan vitamin banyak terdapat di ampas buahnya.

6. Segera diminum

Lebih baik segera habiskan jus yang Anda buat agar kandungan vitaminnya tidak rusak oleh oksigen atau ultraviolet. Penyimpanan jus buah segar sebaiknya dalam kondisi sangat dingin dan wadah/termos yang tertutup rapat selama sekitar 4 jam.

7. Waspada asam urat

Nah, seperti dilansir kesehatan.us, ternyata kebiasaan minum jus jeruk 2 gelas setiap hari terbukti tidak menyehatkan karena dapat memicu asam urat. Ini disebabkan oleh kandungan fruktosa yang cukup tinggi menyebabkan endapan asam urat di dalam sendi.

8. Bukan pengganti buah dan makanan

Kenyang setelah minum jus? Eitts, Anda tetap harus makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dan untuk Anda yang sedang diet, jus buah tidak mengurangi lemak, tapi hanya mengurangi air. Jadi, meskipun rajin minum jus buah, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, dan makanan bergizi lainnya.

Nah, seperti yang dijelaskan pakar Kesehatan dari situs kesehatan Shape, dr. Lisa Davis (liputan6.com), mengonsumsi buah jeruk secara utuh menawarkan lebih banyak vitamin dan mineral, ketimbang jeruk yang sudah diolah menjadi jus.

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

ke dokter gigi

Rutin Ke Dokter Gigi Mulai Sekarang Yuk!

Seberapa Penting Pergi Ke Dokter Gigi? Sudahkah Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi tahun …