Wednesday, December 13, 2017

Pastikan 5 Hal ini Sebelum Memutuskan untuk Menikah

Lakukan Hal ini Sebelum Memutuskan untuk Menikah!

Apakah Anda sedang berencana untuk mengakhiri masa lajang tahun ini? Sudah yakinkah Anda untuk menjalani kehidupan rumah tangga bersama sang tercinta? Atau, mungkin Anda masih ragu apakah keputusan Anda menikah di usia ini sudah tepat?

sebelum memutuskan untuk menikah
sumber: vemale.com

Memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan wanita sebelum memutuskan untuk menikah. Terutama untuk Anda yang masih ingin memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkan karir, meraih mimpi, atau menyenangkan diri sendiri. Sebelum Anda menyesali keputusan untuk menikah, pertimbangkan juga apakah:

1. Anda sudah Mengenal Calon Suami Anda?

Anda tak perlu harus berpacaran selama 10 tahun untuk mengenal calon suami Anda. Kehidupan setelah pernikahan akan jauh berbeda dari masa pacaran. Jika ketika berpacaran cenderung ada banyak hal yang masih ditutupi, maka setelah menikah semua akan muncul sesuai aslinya. Jadi, pastikan Anda mengenal calon suami Anda dengan baik. Bagaimana caranya? Kenali keluarganya, teman-temannya, dan jangan sungkan untuk bertanya; dengan aturan main yang benar dan berlaku tentunya.

Baca juga: 7 Hal Ini Wajib Anda Lakukan Sebelum Menikah

2. Anda dan pasangan punya tujuan hidup yang sejalan?

Maraknya perceraian yang terjadi umumnya karena pasangan suami istri tidak memiliki tujuan hidup yang sejalan. Jadi sebelum memutuskan untuk menikah, diskusikan dengan calon suami Anda apa saja yang ingin Anda berdua capai setelah menjadi pasutri nanti. Yakinkan diri Anda bahwa pernikahan ini juga merupakan tujuan hidup Anda berdua, sehingga perselisihan apapun yang terjadi nanti tetap bisa diselesaikan dengan baik tanpa resiko berpisah.

3. Anda akan menjadi ibu rumah tangga atau istri yang bekerja?

Diskusikan apa yang calon suami harapkan dari Anda, apakah Anda harus menjadi fulltime housewife alias ibu rumah tangga atau diberi kesempatan untuk bekerja, terutama ketika Anda sudah memiliki anak nanti. Pastikan soal karir ini sudah dibicarakan sejak awal sehingga tidak ada kesalahpahaman dan saling menyalahkan.

Kalau Anda diijinkan untuk bekerja, pertimbangkan bagaimana Anda akan membagi waktu dan perhatian Anda untuk pekerjaan dan keluarga. Hindari berjanji jika Anda merasa tidak mampu menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir.

4. Anda sudah cukup mandiri?

Menikah bukan berarti Anda bergantung sepenuhnya pada suami. Sebaliknya, Anda semestinya sudah cukup mandiri, contohnya, setidaknya Anda tahu bagaimana memasak makanan yang sederhana, mengerjakan pekerjaan rumah, dan merawat diri sendiri.

Baca juga: Cinta Terhalang Restu Orang Tua? Ini Solusinya!

5. Anda sudah mendapatkan restu orang tua?

Penting diingat, bahwa pernikahan bukan hanya mengikat diri Anda dan pasangan secara pribadi, tetapi juga melibatkan kehidupan Anda berdua. Restu orang tua kedua pihak bukan hal yang main-main di sini. Jadi pastikan Anda telah mendapatkan restu dari kedua orang tua. Ini akan sangat berpengaruh pada kelanjutan kehidupan rumah tangga Anda selanjutnya. Jika restu belum di tangan. Sabar sejenak, selalu ada jalan untuk meyakinkan mereka.