Friday , August 17 2018
Home / Ibu dan Anak / Perkembangan Anak / Pastikan Si Kecil Selalu Aman dengan Tips ini! (1)

Pastikan Si Kecil Selalu Aman dengan Tips ini! (1)

Ingin Si Kecil Selalu Aman? Lakukan Ini!

Masa kanak-kanak adalah masa-masa indah yang tidak akan terlupakan, baik bagi diri si kecil maupun orang tua. Pada masa ini, si kecil akan belajar menguasai segala hal dan mengenal dunia untuk pertama kalinya.

si keci selalu aman
sumber: rookimag.com

Namun demikian, masa ini juga penuh dengan berbagai resiko yang dapat mengancam diri si kecil. Kepolosan dan ketidaktahuan si kecil akan berbagai hal dapat menjadi pengancam keselamatan dan jiwa bila tidak disikapi dengan penuh kewaspadaan.

Nah, tentu Ayah Bunda ingin memastikan agar si kecil selalu aman bukan? Berikut Tips cerdas konsep keselamatan yang penting untuk diterapkan!

1. Identitas Diri

Ajari anak mengenai nama lengkap, nama lengkap orang tua, alamat lengkap, dan nomor telepon rumah. Ini merupakan prinsip dasar keselamatan yang harus dikuasai anak. Bila sewaktu-waktu si kecil terpisah dari Ayah Bunda di mall atau di pasar, dia tidak akan mengalami kesulitan untuk meminta bantuan polisi untuk kembali ke rumah.

Baca juga: Pastikan Si Kecil Aman Pulang Pergi Sekolah (2)

2. Meminta Bantuan

Ajari anak untuk meminta bantuan polisi bila mereka mengalami kesulitan di jalan. Nomor darurat polisi juga harus mereka hafal di luar kepala agar bila sewaktu-waktu membutuhkan bantuan, mereka akan dapat menghubungi polisi. Selain polisi, mereka juga harus memiliki nomor orang-orang terdekat yang dapat dipercaya seperti nomor Ayah Bunda, Kakek Nenek, dan Paman Bibi.

3. Password

Beri mereka sebuah password yang hanya Ayah Bunda dan si kecil yang tahu. Terdapat sebuah cerita menarik tentang seorang gadis di Indiana, Amerika yang dijemput oleh seseorang di sekolah. Si gadis menanyakan tentang passwordnya dan orang mencurigakan tersebut tampak tidak mengerti. Si gadis melarikan diri dan selamat dari usaha penculikan. Password ini berfungsi bila Ayah Bunda berhalangan menjemput si kecil di sekolah dan terpaksa harus meminta orang lain untuk menjemputnya.

4. Saat Sendiri

Saat sendirian di rumah, mintalah si kecil selalu mengunci pintu, menghindari api, dan beri peraturan menerima telepon. Meninggalkan si kecil sendirian di rumah tentu sangat beresiko. Namun bila Ayah Bunda dapat mengatur berbagai peraturan keselamatan dasar di rumah, resiko ini tentu dapat diminmalisir.

Baca juga: Pastikan Si Kecil Selalu Aman Berada Di Luar (3)

5. Babysitter terpercaya

Pilih Babysitter terpercaya bila perlu. Menyerahkan tanggung jawab pengasuhan pada orang lain merupakan hal yang perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Mintalah rekomendasi dari kerabat dekat atau teman bila ingin mempekerjakan seorang baby sitter. Jangan langsung meninggalkan si kecil dan pengasuhnya sendirian di hari pertama. Ayah Bunda perlu memonitor tindakan pengasuh baru selama beberapa waktu sebelum memberikan kepercayaan penuh.

Terus simak tips-tips menjaga keselamatan si kecil yang akan kembali dibahas pada artikel berikutnya: Ingin Memastikan Si Kecil Selalu Aman Pulang Pergi Sekolah? Berikut Tips Cerdasnya ! (2)

About Ana Zahida

Seorang perdana menteri rumah tangga yang lumayan hobi menulis, bekerja sampingan sebagai pengajar dan juga penerjemah paruh waktu, percaya bahwa Tuhan menganugerahkan manusia kehidupan dan alam raya untuk terus dipelajari dan jelajahi tiap relungnya. The universe is the best place to learn!

Check Also

Perlukah Stroller atau Kereta Dorong untuk Buah Hati Anda?

Kereta Dorong untuk Anak, Perlukah? Ibu-ibu muda jaman sekarang boleh dibilang sangat beruntung karena hampir …