Monday, June 18, 2018

Perlukah Memberi Hadiah pada Diri Sendiri?

Memberi Hadiah pada Diri Sendiri, Perlukah?

Kenapa harus menikmati hidup? Karena segala momen yang sedang dijalani dalam kehidupan ini tak akan terulang kembali. Alangkah baiknya jika Anda memaknai kata ‘menikmati’ ini tidak melulu dengan hura-hura dan bersuka ria secara berlebihan. Cara paling sederhana namun cukup manjur untuk menikmati hidup adalah dengan memberi hadiah pada diri sendiri, seperti:

memberi hadiah pada diri sendiri
sumber: hipwee.com

1. Tersenyum

Ini adalah hadiah yang paling istimewa untuk diri Anda sendiri. Kenapa? Seperti dilansir sehatkancantik.blogspot, sebuah studi membuktikan bahwa tersenyum bisa melepaskan endorfin (senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami) dan menurunkan tekanan darah. Senyum sangat membantu Anda untuk selalu berpikiran positif dan tampak lebih menarik. Hadiah lain pun akan Anda dapat, yakni orang yang ikut tersenyum ketika melihat senyuman tulus Anda.

2. “Me-Time”

Selalu luangkan waktu untuk diri sendiri, sesibuk apapun aktivitas Anda. Manfaatkan me-time ini dengan memperdalam hobi, movie marathon (nonton beberapa film secara maraton), membaca buku, wisata kuliner, wisata religi, melakukan perawatan tubuh, berenang, nonton konser, atau sekadar jalan-jalan ke tempat yang jarang Anda kunjungi. Me-time harus Anda sempatkan untuk mengurangi stres dan kejenuhan akibat pekerjaan atau rutinitas sehari-hari.

3. Kata-kata positif

Anda bisa menemukan segudang kutipan-kutipan positif atau kata-kata motivasi di internet. Kalau Anda cukup aktif di sosial media, sering-seringlah mempublikasikan kalimat-kalimat positif tersebut, terutama yang sesuai dengan pencapaian atau apapun yang sedang Anda lakukan dan rasakan. Beberapa orang menganggap kutipan itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun sejatinya pikiran dan hati Anda akan selalu membutuhkan sugesti positif.

4. Kategorikan budget

Membeli sesuatu yang Anda idamkan? Boleh, asalkan dana yang dikeluarkan tidak mengurangi anggaran wajib Anda. Caranya? Selalu rinci dan kategorikan budget Anda setiap bulannya. Sisihkan sekitar 5% untuk anggaran ekstra. Nah, hadiah yang Anda beli untuk diri sendiri diambil dari dana ekstra tersebut. Tapi mesti diingat, Anda tidak perlu menghabiskan seluruh dana itu untuk sebuah hadiah. Tidak perlu mahal dan mewah atau sekadar ikut-ikutan tren, belilah sesuatu yang benar-benar Anda butuhkan atau inginkan dan yang pasti menyenangkan. Jangan lupa juga untuk selalu menabung ya.

5. Memaafkan

Memaafkan diri sendiri adalah salah satu hadiah terbaik untuk Anda. Dalam sehari, mungkin Anda pernah merasa bersalah, kecewa, atau kurang nyaman karena telah melakukan sesuatu yang seharusnya tidak Anda lakukan. Hindari terlalu memikirkannya dan terlampau menyesal, apalagi berandai-andai sementara waktu tak bisa kembali mundur. Jadi, belajarlah memaafkan kesalahan sendiri sehingga Anda tidak terpuruk di masa yang telah lewat. Move on! Jadikan kesalahan tersebut peringatan bagi Anda agar lebih waspada, teliti, sabar, dan mempertimbangkan apapun yang akan dikerjakan.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya!