Wednesday, April 25, 2018

Rutin Ke Dokter Gigi Mulai Sekarang Yuk!

Seberapa Penting Pergi Ke Dokter Gigi?

Sudahkah Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi tahun ini? Atau, Anda masih takut ke dokter gigi? Ladies, pemeriksaan gigi secara rutin (satu atau dua kali setahun) sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi, radang, bahkan kanker pada rongga mulut, gigi, dan gusi.

ke dokter gigi
sumber: aladokter.com

Mungkin Anda salah satu yang bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya dokter gigi memeriksa kondisi gigi Anda. Nah, berikut ini ulasan singkatnya:

1. Apa yang diperiksa dokter gigi?

Biasanya (terutama pada kunjungan kali pertama) dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi dan area sekitar gigi untuk melihat apakah ada lubang, karang gigi, dan masalah gigi lainnya yang perlu segera ditangani. Dianjurkan Anda membawa rekam medis riwayat kesehatan Anda, selain juga memberitahu dokter tentang keluhan-keluhan pada gigi yang Anda alami (jika ada).

Bila tidak ditemukan gangguan gigi yang cukup serius, dokter hanya akan membersihkan gigi Anda, serta menunjukkan cara-cara perawatan gigi yang benar yang bisa Anda lakukan di rumah setiap hari. Pemeriksaan sinar X dan lain-lainnya hanya akan dilakukan dokter jika terdapat masalah pada gigi, seperti gigi yang rusak atau patah, gigi berlubang sehingga perlu ditambal atau diberi pelapis, atau mencabut gigi. Jangan khawatir, umumnya dokter tidak akan melakukan ini langsung pada kunjungan pertama Anda.

Dokter gigi juga akan memberikan perawatan pada napas tidak sedap. Biasanya dokter akan membersihkan lidah dengan cara dikerik atau disikat, serta memberi Anda permen karet bebas gula. Jangan malu-malu untuk memberi isyarat pada dokter gigi jika Anda kesakitan ketika dilakukan pemeriksaan.

2. Apakah dokter gigi selalu memberi obat bius?

Obat bius diberikan untuk meminimalisir rasa sakit ketika dokter gigi melakukan pemeriksaan yang cukup serius, misalnya operasi. Namun umumnya, dokter hanya akan memberikan obat bius lokal, atau sekadar obat anti nyeri. Nah, Anda disarankan untuk memberitahu dokter gigi bila Anda mempunyai penyakit tertentu atau alergi obat untuk mengantisipasi efek samping yang mungkin terjadi.

3. Berapa biaya ke dokter gigi?

Sekarang ini sudah banyak klinik gigi terpercaya yang biayanya cukup terjangkau. Anda bahkan bisa melakukan pemeriksaan rutin di puskesmas yang menyediakan klinik gigi. Jangan lupa untuk mencari informasi tentang dokter gigi yang sudah berpengalaman. Mahal atau tidaknya biaya periksa gigi terkadang juga bergantung pada kondisi kesehatan gigi Anda. Jadi, jangan tunggu sampai penyakit datang, segera periksakan gigi Anda ke dokter gigi.