Wednesday, December 13, 2017

7 Hal Ini Lebih Ampuh Dibanding Sekadar Bilang “Semangat!”

Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Memberi Semangat Orang-Orang Tercinta!

Siapa yang tak mengenal ungkapan bahwa “hidup tak ubahnya seperti roda yang berputar”. Kalau sedang bahagia sih menyenangkan ya. Tapi bila sebaliknya bagaimana? Situasi sulit, sedih berkepanjangan, merasa paling merana, kecewa tak berkesudahan dan lain – lain. Inilah momen dimana kita sebagai wanita perlu membuktikan pada dunia kita tangguh dan mampu menghadapi keadaan tersulit sekali pun. Sayangnya, sahabat – sahabat tercinta sering kali hanya mengatakan, “semangat ya!” , memang sih setelah curhat dengan sahabat, beban di pundak serasa lebih ringan. Namun tahukah kamu, ada 7 hal yang lebih ampuh dan mampu memberikan kekuatan pada sahabat-sahabat kita di saat – saat sulitnya, dari sekadar bilang, “semangat!”

1. Menjadi cermin

semangat
ilustrasi : loop com

Ketika seorang sahabat tiba – tiba menceritakan masalah – masalahnya, umumnya para wanita akan ikut larut dan menceritakan masalah mereka sendiri. Ini harus dihindari ya. Sebaiknya posisikan diri kita seperti cermin. Melalui kita, mereka tidak hanya akan mengetahui bagaimana kekalutan mereka, tapi juga memahami segundah apa perasaan mereka dalam menghadapi permasalahan mereka. Pun ketika mereka menceritakan antusiasme, dengan menjadi cermin, tanpa mengucapkan kata, “semangat”, pun mereka akan melihat energi semangat yang mengalir dari kata – kata respon kita.

2. Kamu hebat, pasti kamu bisa!

Orang itu tidak hanya memiliki kekurangan, lihat sisi baik mereka. Lihat bagian yang positif, lalu jadikan itu untuk mendukung mereka. Terkadang dalam keadaan sempit dan sulit, kita akan cenderung melihat yang buruk-buruk saja. Yang kita tidak mampulah, yang itu tidak mungkinlah, lalu akhirnya berlarut-larut dalam kesedihan. Jadi, daripada bilang ,”semangat ya. Kamu pasti bisa melalui ini semua.” Bisa lho diganti dengan, “kamu tuh orangnya pantang menyerah. Aku yakin kamu mampu menghadapi ini semua.” Bagaimana??

3. Luruskan niat, fokus dengan tujuan!

Ada kalanya perjuangan tidak hanya menemui jalan buntu, namun juga godaan – godaan yang membuat sahabat kita menjadi berlarut – larut dalam kubangan masalahnya. Sebagai sahabat yang baik, waktunya kita mengingatkan mereka pentingnya untuk bangkit dan tidak membuang waktu percuma dengan sedih, menangis, apalagi merengek. Kitalah reminder mereka.

4. Hajaarr!

Ini semacam kata cambuk yang kilatnya melebihi silaunya kata “semangat” lho. Kata ungkapan ini lebih cocok diucapkan ketika seorang sahabat sudah memutuskan sikap untuk menghadapi permasalahannya. Coba aja!

5. Semoga Allah selalu bersamamu.

Tak ada yang menandingi ungkapan yang lebih menenteramkan, selain yang satu ini “semoga Allah selalu bersamamu.” Ini sebuah ungkapan yang menunjukkan bahwa siapapun kita dan apapun yang kita usahakan tidak akan terlepas dari campur tangan Allah. Jadi harus tetap melibatkan Allah dalam setiap keputusan dan tindakan agar bimbingan Allah pun tak luput menuntun kita.

6. Bantu dengan aksi nyata.

Kali ini gampang – gampang susah. Dukungan kata – kata sebenarnya sudah terlalu mainstream. Langkah yang paling tepat untuk menunjukkan peran kita sebagai sahabat adalah tindakan nyata tentunya. Apa sih yang sedang mereka butuhkan? Uang, yaa dipinjami dong. Jomblo, yaa dicariin jodoh. Dia ingin menangis? Itu pundak nganggur kan? Kasih laah..

7. Menyebut namanya dalam doa.

Mendengarkan sahabat curhat sudah, menyemangati dengan kata-kata sudah, bahkan membantu dengan aksi nyata juga sudah. Lalu apa lagi? Bantu sahabat kita dengan doa. Ini lakukan diam – diam, dia nggak perlu tahu. Berikan doa terbaikmu. Tahu dong kalau Allah sudah berkehendak?! Yang ajaib sekalipun jadi mungkin!

Tanamkan ini baik – baik dalam setiap diri kita, wahai wanita, selalu ada jendela untuk setiap pintu yang tertutup. Seorang sahabat akan mengatakan, “semangat ya!” namun kita sedirilah yang memutuskan apakah “pasti bersemangat!”

Baca juga: Ingat Semua Pasti Berlalu: Tips Menghadapi Masa Sulit