Monday, June 18, 2018

Seputar Tandem Nursing (3): Trik Melakukan Tandem Nursing?

Tips Seputar Tandem Nursing

Menyusui dua orang bayi sekaligus tentu akan sangat berbeda dengan menyusui seorang bayi saja. Bila dengan seorang bayi Bunda dapat terfokus penuh pada si bayi, dua orang bayi tentu membutuhkan perhatian ekstra. Hal ini akan menjadi semakin sulit bila terdapat jarak usia antara kedua bayi. Si kakak yang sudah lebih besar dan kuat biasanya akan berusaha melakukan berbagai tindakan untuk merebut total perhatian Bunda. Tak jarang hal-hal seperti memukul, menggigit, menendang, dan kekerasan fisik lain dilakukannya pada si adik yang tentu tidak bisa berbuat apa-apa kecuali menangis.

tandem nursing
sumber: wordpress.com

Bila demikian adanya, tandem nursing akan sulit dilakukan. Tetapi, tentu Bunda tidak perlu merasa khawatir dan stres. Berdasarkan pengalaman, tandem nursing sangat mungkin dilakukan bila Bunda dapat mengkondisikan kedua bayi dan juga diri Bunda sendiri sebaik-baiknya sebagaimana tips-tips pelaksanaan tandem nursing berikut.

1. Menyusui saat bersamaan

Jika harus menyusui dalam waktu yang bersamaan, posisikan si bayi terlebih dahulu dengan posisi dan pelekatan yang baik, baru kemudian ajak si kakak untuk bergabung tanpa mengganggu si adik. Tetapi bila si kakak berusaha untuk mengganggu si adik, cobalah beri pengertian dan lindungi si adik. Bila si kakak tidak mau mengerti, mungkin ide bagus untuk memisahkan keduanya dengan pembatas seperti guling atau bantal.

2. Ajak kakak berbicara

Saat menyusu bersama-sama seperti ini, jangan lupa manfaatkan momen untuk mengkomunikasikan kepada si kakak tentang aspek-aspek berbagi dan saling menyayangi. Dengan terus menekankan pentingnya berbagi, perlahan tapi pasti keduanya akan dapat saling menerima keberadaan masing-masing sebagai kakak dan adik. Bahkan, tak jarang kakak adik dengan usia rapat memiliki hubungan keakraban yang sangat erat.

3. Pastikan asupan makanan terjaga

Karena menyusui lebih dari satu bayi, Bunda akan merasa lebih cepat haus dan lapar. Sehingga penting bagi Bunda untuk memastikan asupan makanan dan cairan yang cukup bagi Bunda. Jangan abaikan rasa lapar dan haus. Lebih baik makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Konsultasikan ke dokter bila badan ibu merasa tidak sehat atau stamina menurun drastis.

4. Tips malam hari

Saat malam tiba, tidurkanlah kedua bayi secara bergiliran di dekat Bunda. Dan jangan lupa untuk terbangun dan menyusui keduanya kembali setiap mereka menginginkan ASI.
Meskipun berat, tentu Bunda dapat melakukannya bila terus bersabar dan mau berusaha. Tetap semangat Bunda!