Thursday, April 26, 2018

Sukses Menjadi Istri dan Ibu Berkarir? Kenapa Tidak?

Tips Sukses menjadi Istri dan Ibu Berkarir

Seorang ibu bekerja seringkali mengalami dilema terutama soal mengatur waktu untuk keluarga, anak, dan pekerjaan, belum lagi me time yang susah didapat. Keputusan bekerja bukan hal yang salah apalagi jika Anda memang dibutuhkan untuk membantu menyokong keuangan keluarga, atau jika Anda seorang single parent (orang tua tunggal). Tapi, bagaimana dengan waktu bersama keluarga yang terlewatkan?

sukses karena hobi
sumber: jawapos.com

Berikut tips dan trik yang bisa Anda terapkan agar peran Anda sebagai ibu dan wanita karir berjalan seimbang; sukses menjadi istri dan ibu berkarir:

1. Berbagi tugas

Tugas utama seorang istri atau ibu adalah mengurus rumah tangga dan keluarga, tapi itu bukan berarti hanya Anda seorang yang bisa melakukan pekerjaan di rumah. Tanpa mengeluarkan dana ekstra untuk menyewa asisten rumah tangga, Anda bisa mengajarkan anak-anak untuk mandiri. Ajari anak mengerjakan pekerjaan rumah sebatas kemampuan mereka.

Kebiasaan mandiri dan bertanggung jawab ini membuat anak tidak bergantung pada Anda sekaligus menyiapkan masa depan mereka ketika harus hidup sendiri. Dan jika suami memang sudah merestui Anda bekerja di luar rumah, pastikan ia bersedia berbagi tugas rumah dengan Anda.

2. Bangun lebih awal

Usahakan Anda punya jam tidur yang teratur dan bisa bangun lebih awal. Gunakan waktu (sebelum seisi rumah bangun) ini untuk melakukan me time, menyiapkan kebutuhan kerja Anda, suami, dan anak, sekaligus mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Selain itu, sebelum tidur malam, pastikan Anda sudah memikirkan menu esok hari atau memeriksa PR anak.

3. Jangan menunda-nunda

Hindari menunda menyelesaikan pekerjaan rumah tangga agar tidak menumpuk dan banyak menyita waktu. Jangan biasakan memberi kelonggaran pada diri Anda dengan beralasan “tidak punya cukup waktu”.

4. Atur kebutuhan keluarga

Bukan hanya mengatur keuangan bulanan, Anda juga sebaiknya mengatur dan menyiapkan bahan makanan untuk keluarga selama sebulan. Ini harus dilakukan agar ketika Anda harus lembur atau keluar kota, anak atau suami Anda tak perlu repot membeli makanan di luar. Selain soal makanan, pastikan seisi rumah mengetahui letak barang-barang tertentu, misalnya kotak obat, peralatan memasak, dan sebagainya.

Nah, bagaimana? Sudah siap jadi ibu dan istri hebat?