Wednesday , September 26 2018
Home / Ibu dan Anak / Ibu Hamil / Benarkah Anda Hamil? Berikut 9 Tanda Awal Kehamilan

Benarkah Anda Hamil? Berikut 9 Tanda Awal Kehamilan

Ini Dia Tanda-Tanda Awal Kehamilan!

Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu pasangan muda. Setelah menikmati masa indah bulan madu dan pengantin baru, kehamilan anak pertama pasti akan menjadi pelengkap kebahagiaan yang tiada bandingannya.

sumber: kompas.com
sumber: kompas.com

Lalu, cukupkah terlambat datang bulan menjadi tanda bahwa Anda memang tengah hamil muda? berikut 9 tanda awal kehamilan yang bisa Anda gunakan untuk memastikan kehamilan Anda:

1. Payudara Bengkak 

Jika wilayah aerola Anda berwarna lebih gelap dari biasanya dan Anda merasakan payudara Anda lebih sensitif dari biasanya, maka bisa jadi Anda tengah hamil muda. Pada beberapa wanita, ada pula yang akan merasakan kesakitan jika payudaranya tersentuh atau tersenggol.

2. Mual dan Pusing

Hal yang paling umum terjadi pada wanita yang sedang hamil muda adalah mual yang disertai pusing (morning sickness). Mual dan pusing bisa terjadi pada pagi atau sore hari. Bahkan ada pula yang mengalaminya sepanjang waktu selama kehamilan. Mual dan Pusing ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh.

3. Bercak Darah/Flek

Bercak darah/flek ini biasa muncul 8-10 hari setelah masa ovulasi (pembuahan), dan terjadi sebelum masa menstruasi yang akan datang. Namun terkadang tanda ini tidak terlihat pada beberapa wanita karena kemungkinan jumlah darah sangat sedikit dan terbuang berbarengan dengan urin saat buang air kecil.

4. Perubahan Mood

Serupa dengan yang terjadi ketika PMS (premenstruation syndrom), ketika Anda hamil muda mood serta emosi Anda akan sangat labil. Anda merasa sangat mudah marah dan aneh terhadap diri Anda sendiri; sementara Anda sendiri tidak tau kenapa Anda marah. Dan, ini wajar.

5. Mudah Lelah

Jika Anda seorang yang sangat aktif, mungkin masa-masa awal hamil Anda akan merasa tidak sebugar biasanya. Ini disebabkan tubuh Anda sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran makhluk baru dalam janin Anda. Selain itu peningkatan hormon progesteron juga turunkan kadar gula dan tekanan darah menjadi faktor lain yang membuat Anda mudah lelah.

6. Suhu Tubuh Meningkat

Jika biasanya Anda sangat mudah kedinginan, maka ketika Anda hamil, Anda akan sangat mudah merasa gerah dan panas. Hal ini juga akan berlangsung hingga masa menyusui.

7. Terlambat Datang Bulan

Ini bisa menjadi tanda paling umum bahwa Anda telah hamil. Ketika Anda merasakan tanda-tanda datangnya menstruasi, namun ternyata tak ada tamu yang darang, maka tanda selanjutnya yang bisa meyakinkan kehamilan Anda adalah,

8. Tes Pack Positif

Belilah segera tes pack di apotek terdekat dan lakukan tes sesuai petunjuk yang tertera. Jika hasilnya masih belum jelas, lakukan lagi keesokan hari. Dan ketika tes pack menunjukkan tanda positif, maka yang wajib Anda lakukan selanjutnya Adalah,

9. Ada Janin dalam Rahim Anda

Pergilah ke bidan atau dokter kandungan terdekat untuk memastikan bahwa dalam rahim Anda ada janin yang akan menjadi calon buah hati Anda.

Kesembilan tanda di atas bukan merupakan keniscayaan. Ada beberapa yang mengalami semuanya, ada pula yang mengalami sebagian. Yang terpenting adalah, Anda memeriksakan diri Anda ke bidan atau dokter terdekat. Dan pastikan Anda menjaga kesehatan diri Anda dengan baik.

Dan bagi Anda yang positif hamil, selamat!

About admin

Situs Informasi Wanita Indonesia

Check Also

makanan sehat untuk ibu hamil

Anda Sedang Hamil? Ini Dia 6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil!

Jika Sedang Hamil, Makanan Sehat untuk Ibu Hamil berikut Bisa Anda Konsumsi! Untuk anda yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.