Wednesday, December 13, 2017

Taukah Anda? Ternyata Ada 4 Tingkatan Rezeki Dalam Islam

Ini 4 Tingkatan Rezeki dalam Islam

Di zaman modern yang sarat akan materialisme ini istilah rezeki umumnya selalu disamakan dengan uang ataupun hal-hal berbau materi lainnya. Hal ini tentu saja tidak dibenarkan karena dalam Islam sejatinya terdapat beberapa jenis rezeki yang memiliki tingkatan berbeda-beda. Seseorang yang berusaha keras dengan tidak melupakan ibadah dan terus memanjatkan doa tentu akan memiliki tingkatan rezeki yang berbeda dengan seseorang yang bermalas-malasan atau sibuk bekerja saja tanpa melaksanakan ibadah. Berikut ini 4 tingkatan rezeki dalam islam dari paling rendah hingga yang tertinggi.

4 tingkatan rezeki dalam islam
sumber: wordpress.com

1. Rezeki dasar yang diberikan kepada semua mahklukNya

Ini merupakan tingkatan rezeki terendah. Allah tidak menurunkan satu makhlukpun tanpa menganugerahkan kepadanya rezeki dasar ini. Yang dimaksud dengan rezeki dasar adalah kemampuan untuk bertahan hidup dengan makan, minum, bernapas, dan berjalan di muka bumi. Allah telah menjamin semua makhluk hidup dengan rezekinya masing-masing. Setiap hewan sekecil atau sebesar apapun pasti telah dibekali kemampuan untuk bertahan hidup dan memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Termasuk manusia yang telah dianugerahi pikiran penuh potensi untuk dapat bertahan hidup dan mencari rezeki hingga ke tingkat tertinggi.

2. Rezeki berdasarkan kerja keras makhlukNya

Allah Maha Adil. Meskipun sudah menjamin setiap rezeki bagi semua makhluk, Dia tetap memberi prioritas limpahan rezeki berlebih pada mereka yang giat bekerja untuk mencari rezeki. Rezeki tingkatan kedua ini tidak ditentukan oleh dasar keimanan seseorang. Pendeknya, semua orang dan semua mahkluk pasti akan dapat hidup sejahtera bila mau bekerja keras.

3. Rezeki yang ditambahkan oleh Allah

Selain para pekerja keras, ternyata Allah juga sangat memberi prioritas pada hamba-hambaNya yang selalu bertaqwa dan rajin bersyukur dengan berbagai limpahan rezeki dan kenikmatan hidup. Ini adalah rezeki tingkatan ketiga yang dapat dirasakan hanya oleh orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang pandai-pandai bersyukur. Mereka akan merasakan ketenangan, kebahagiaan, dan kelapangan hidup yang tidak dapat dibeli oleh materi.

4. Rezeki teristimewa bagi manusia istimewa

Rezeki pada tingkatan teratas ini hanya diberikan pada segelintir orang istimewa yang selain bertakwa dan pandai bersyukur, juga memiliki kemampuan untuk mengatur dan memakmurkan rezeki dari Allah untuk dibagikan kepada makhluk lainnya. Orang-orang istimewa ini begitu dicintai Allah sehingga selain mendapatkan limpahan materijuga mampu meraih anugerah ketenangan, kebahagiaan, dan kelapangan hidup di dunia dan akhirat. Mereka bukanlah orang yang silau akan harta. Saat diberi anugerah harta mereka tidak segan-segan menafkahkannya di jalan Allah dengan tingkat keikhlasan tinggi.

Nah, pada tingkatan manakah rezeki yang Anda dapatkan saat ini?