Saturday, May 26, 2018

Tetap Tampil Cantik saat Menyusui? Ini Tipsnya!

Agar Tetap Tampil Cantik saat Menyusui, Lakukan Ini!

Setelah melahirkan, seringkali seorang ibu merasa kerepotan mengatur waktu untuk dirinya sendiri dan bayinya. Penampilan pun jadi korban dengan alasan “ah, di rumah aja kok, ngga perlu dandan”, eittss! Sebagai perempuan yang sudah berkeluarga, penampilan tetap harus terus diperhatikan. Bukan cuma soal dandan/merias wajah, tapi juga kebersihan diri.

tampil cantik saat menyusui
sumber: replubika.com

Nah, berikut ini tips yang bisa Anda coba untuk tetap tampil cantik saat menyusui dan sibuk mengurus bayi:

1. Ubah ritual

Jika sebelum melahirkan Anda biasa menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk mandi, merias wajah, atau menata rambut, sekarang belajarlah melakukan ritual tersebut masing-masing sekitar 5 menit. Tak perlu repot menata rambut dengan catok/hairdryer, cukup ponytail/ekor kuda (dengan poni atau ikat/jepit rambut yang bervariasi). Kalau rambut Anda pendek, hias kepala dengan bando atau scarf. Begitu juga dengan riasan wajah, lakukan dengan kilat, serta tidak perlu berdandan terlalu “heboh”. Usahakan wajah Anda tetap segar, itu saja.

2. Tata rambut

Tetaplah rajin mencuci rambut. Untuk mencegah keringat berlebih, meskipun Anda lebih sering berada di rumah, jangan biarkan rambut terlalu lama tergerai. Ikat atau jepit rambut Anda dengan rapi namun tidak terlalu rapat agar rambut tetap bisa bernafas. Hindari penggunaan jepit bebek atau ikat rambut kumal. Pilihlah jepit dan ikat rambut yang menarik. Untuk Anda yang gemar menggelung rambut, pakailah tusuk konde yang lucu dan cantik. Yang penting, pilih tatanan rambut yang minim namun rapi.

3. Rawat kulit dan kuku

Tidak perlu meninggalkan bayi Anda demi perawatan di salon. Rajinlah menggunakan krim atau lotion agar kelembaban kulit tetap terjaga. Kalau Anda ingin mengkonsumsi suplemen, konsultasikan dulu dengan dokter Anda, atau pastikan suplemen tersebut aman untuk Anda dan bayi. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan kuku Anda. Menggunakan pewarna kuku boleh saja, asal tidak sampai mengganggu aktivitas Anda mengurus si buah hati, dan waspadai bahaya bahan kimianya.

4. Pakaian

Apakah ibu menyusui harus pakai daster setiap hari? Tidak. Sekalipun Anda tidak beraktivitas di luar rumah, perhatikan pakaian yang Anda kenakan sehari-hari. Pakailah kemeja atau blouse yang menarik dan berwarna cerah. Anda juga bisa mengenakan apron khusus menyusui yang modis. Usahakan Anda sendiri merasa senang dan nyaman dengan penampilan Anda.

5. Mata segar

Bisa jadi waktu tidur Anda berkurang karena harus menyusui bayi di malam hari. Nah, kurang tidur ini bisa membuat mata Anda tampak kusam atau gelap. Luangkan waktu sekitar 10-15 menit ketika bayi tertidur untuk ikut tidur di sampingnya, atau mengompres mata dengan bahan-bahan alami seperti mentimun dan teh (baca: Hilangkan Lingkaran Gelap di Mata).

6. Bibir

Tak perlu selalu menggunakan lipstik di dalam rumah. Cukup gunakan pelembab bibir atau lip balm berwarna setiap hari agar bibir tampak cerah dan segar.

7. Asupan makanan

Perhatikan juga asupan nutrisi/gizi dalam makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Pastikan nutrisinya bermanfaat untuk bayi serta tubuh Anda sendiri. Dan, konsumsi buah-buahan segar jangan sampai lupa ya!

Salam cantik 😉