Friday , October 19 2018
Home / Gaya Hidup / Tidak Suka Menyetrika? Ini Triknya agar Setrika Lebih Mudah

Tidak Suka Menyetrika? Ini Triknya agar Setrika Lebih Mudah

Tips Setrika Lebih Mudah untuk para Ibu!

Menyetrika adalah salah satu pekerjaan yang sangat melelahkan. Jika Anda juga bermasalah dengan pekerjaan rumah yang satu ini, Anda bisa coba trik setrika lebih mudah yang satu ini:

trik setrika lebih mudah
sumber: kabarmaya.com

1. Jemur dengan cara yang benar

Mudahnya proses menyetrika bisa dimulai dari cara Anda menjemur pakaian. Bentangkan pakaian dengan benar dan rapi saat menjemur, pastikan tidak ada bagian yang terlipat, sehingga ketika sudah kering pakaian tidak terlalu kusut.

2. Lipat pakaian setelah dijemur

Sebaiknya setrika pakaian dalam keadaan benar-benar kering segera setelah dijemur di bawah terik matahari yang cukup. Namun bila Anda tak punya cukup waktu, biasakan melipat pakaian dengan benar dan ditumpuk rapi setelah dijemur. Kelompokkan tumpukan pakaian untuk memudahkan Anda menyetrika.

3. Gulung pakaian 1 jam

Bahan tertentu seperti katun dan linen seringkali masih tampak kusut meski sudah disetrika dengan pelicin pakaian. Coba percikkan air sampai agak basah, gulung pakaian, diamkan selama 1 jam, baru disetrika sesuai arah serat kain.

4. Jepitan rok

Sebel karena susah meyetrika rok dengan banyak lipatan? Tenang… taruh jepitan di tiap lipatannya. Setrika rok mulai dari bagian dalamnya, dari atas ke bawah, baru setrika bagian luarnya. Tapi jangan setrika jepitannya yaa…

5. Alas handuk

Beri alas handuk saat menyetrika baju berpayet, dan jangan terlalu ditekan. Namun jangan gunakan handuk untuk alas menyetrika bahan yang lainnya, melainkan kain yang cukup tebal atau seprei.

6. Setrika bagian dalam

Pakaian bersablon dan berbahan beludru sebaiknya disetrika bagian dalamnya agar tidak rusak karena panas setrika. Anda juga bisa menyetrika pakaian dengan bahan lainnya menggunakan metode ini untuk menghindari bekas garis panas setrika. Tapi untuk pakaian yang bahannya mudah melar, sebaiknya setrika bagian luarnya saja.

8. Pilah pakaian

Periksa label aturan penyetrikaan pada baju. Pilah-pilah pakaian yang akan disetrika sesuai kebutuhan panasnya. Dahulukan pakaian santai atau yang bahannya tidak memerlukan suhu terlalu panas.

9. Handuk hangat

Terkadang Anda enggan atau lupa membawa setrika ketika bepergian, bila Anda tak punya hair dryer atau catok rambut, cobalah rendam handuk ke dalam air panas. Peras handuk sampai tak ada sisa air. Gosok-gosokkan handuk sekitar 10 menit di atas permukaan pakaian. Kemudian gantung pakaian dan angin-anginkan.

About admin

Situs Informasi Wanita Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.