Wednesday , October 17 2018
Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Urutan Tepat Membersihkan Wajah Agar Kulit Bebas Masalah

Urutan Tepat Membersihkan Wajah Agar Kulit Bebas Masalah

Ini Urutan Tepat Membersihkan Wajah!

Membersihkan wajah tampaknya mudah, namun ternyata bila kurang tepat melakukannya maka akan menimbulkan berbagai masalah kulit. Nah, apakah selama ini cara Anda sudah benar? Inilah yang seharusnya Anda lakukan saat membersihkan wajah–urutan tepat membersihkan wajah:

Urutan Tepat Membersihkan Wajah
sumber: keluargakecilsehat.blogspot.com

1. Face cleanser – facial wash – toner

Beginilah urutan yang tepat. Face cleanser lebih dulu membersihkan wajah, lalu residunya akan diangkat oleh facial wash, baru kemudian kulit wajah disegarkan dengan toner.

2. Gunakan face cleanser dengan tisu

Banyak wanita yang membersihkan wajah dengan face cleanser menggunakan kapas. Padahal yang benar adalah menggunakan tisu karena tisu dapat mengangkat kotoran atau sisa make-up lebih bersih daripada kapas.

3. Pilih cleanser yang tepat

Telitilah saat membeli face cleanser. Jangan terpikat merk ternama, tapi pilih yang sesuai dengan kulit wajah: berminyak, kering, normal, atau kombinasi (seluruh wajah cenderung kering, hanya daerah T alias dahi dan hidung yang berminyak).

4. Facial wash 2x sehari

Agar kulit wajah tetap terjaga kelembabannya, cukup gunakan facial wash 2x sehari: pagi hari untuk membersihkan kotoran dan sisa sel-sel mati, malam sebelum tidur untuk mengangkat sisa make-up­, kotoran, dan debu.

5. Gunakan air hangat

Basahi wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka. Bersihkan wajah sampai ke bagian leher dengan gerakan memutar dan sedikit pijatan untuk memperlancar peredaran darah.

6. Hindari terlalu sering scrubbing

Pilihlah scrub yang sesuai jenis kulit wajah. Namun, terlalu sering menggunakan sabun scrub, jaringan kulit Anda bisa rusak. Seperti dikutip dari republika.co.id, Dr. Kevin A Maharis, B.Med.Sc dari Maharis Clinic menyarankan untuk memakai pembersih yang mengandung scrub setidaknya sekali dalam sebulan. “Karena regenerasi kulit itu kan setiap 28 hari. Kalau terlalu sering pakai scrub kulit akan mengelupas.”

7. Bilas dengan air dingin

Air dingin berfungsi untuk menutup pori-pori. Anda bisa langsung membilas wajah dengan air dingin atau menggunakan kain halus yang telah dibasahi air dingin.

8. Rutin mencuci handuk

Sebaiknya Anda punya handuk khusus untuk muka. Cucilah setidaknya seminggu sekali agar bakteri tidak menempel dan berkembang pada handuk. Keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk perlahan dengan handuk muka.

9. Toner dan pelembab

Setelah proses pembersihan, gunakan toner untuk menyeimbangkan kondisi wajah. Baru kemudian Anda bisa mengoles pelembab atau night cream agar kulit wajah tidak kering dan sekaligus membantu regenerasi kulit di malam hari.

Terakhir, pastikan tangan Anda bersih dan jangan menggunakan sabun batangan untuk mencuci wajah.

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

memakai lulur

Begini Cara Memakai Lulur yang Benar!

Tips Memakai Lulur yang Benar! Luluran atau memakai lulur mandi umumnya dilakukan perempuan untuk mendapatkan …