Thursday, April 26, 2018

Wedges dan Kitten Heels Lebih Sehat Dari Stiletto dan Sepatu Datar

Widges dan Kitten Heels, Mana yang Lebih Sehat?

Anda para penggemar sepatu berhak tinggi/high heels pasti lebih terpikat pada keanggunan stiletto. Sedangkan yang tak menyukai hak tinggi biasanya akan memilih flat shoes/sepatu datar. Nah, ternyata wedges dan kitten heels alias sepatu dengan hak tak lebih dari 3cm ini lebih disarankan oleh para pakar kesehatan. Alasannya?

wedges dan kitten hills lebih sehat
sumber: inilah.com

1. Stiletto Memicu Osteoarthritis (pengapuran sendi)

Hak tinggi dan tipis yang dimiliki stiletto tidak cukup kuat menopang beban tubuh Anda. Akibatnya, tumit, lutut, pinggul, serta punggung dipaksa untuk menjaga keseimbangan. Ini akan menyebabkan otot betis menegang. Kalau Anda berpikir untuk sesekali melepas stiletto demi mengurangi ketegangan, eitts, ternyata resiko osteoarthritis bersifat lebih permanen pada Anda yang sering memakai stiletto!

2. Flat Shoes Akibatkan Radang Sendi Tempurung Lutut

Meski jauh lebih nyaman digunakan, pemakaian sepatu datar dalam jangka lebih dari 6 bulan bisa menyebabkan tumit nyeri dan pecah-pecah, melonggarnya tulang sendi, perubahan postur tubuh (terutama bagi yang suka jalan menyeret), hingga radang sendi pada tempurung lutut. Dan karena tidak memiliki bantalan kaki, flat shoes juga mengakibatkan lengkungan tapak kaki.

3. Pilih Kitten Heels

wedges dan kitten hills lebih sehat
sumber: redcarpetcolors.com

Nah, untuk Anda yang sangat memperhatikan kesehatan sekaligus ingin tetap tampil fashionable, sebaiknya memilih kitten heels atau sepatu datar dengan hak pendek. Michelle Obama bahkan sering terlihat memakai sepatu berhak pendek ini dalam acara formal maupun semi-formal. Menurut konsultan bedah Ortopedik, Mike O’Neil, tinggi tumit sepatu ideal adalah 1-2,5 cm saja (sumber: bursabaju.com). Disarankan pula untuk memilih sepatu dengan hak yang tidak terlalu tipis.

4. Wedges Lebih Kuat

Pakar kesehatan dari Gentle Touch Foot Care, New Jersey, USA, menyarankan para pasiennya memakai wedges karena bagian dasar sepatu ini lebih luas dan haknya lebih tebal dan kuat, sehingga dapat dengan stabil menopang tubuh (sumber: drtheall.com). Tidak perlu khawatir akan tampak kurang menarik, wedges kini beragam macamnya dan tak kalah fashionable.

Seperti dikutip health.detik.com, dr Meidy H Triangto, Sp.KFR dari Kid’s Foot Rehabilitation Center RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta menjelaskan, “Setiap 100 gram berat alas kaki yang dipakai, kita membutuhkan tambahan energi sebesar 1 persen,”. Itulah mengapa sebaiknya Anda menggunakan alas kaki yang ringan dan tidak terlalu tinggi.