Sunday , December 16 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Yang Harus Dilakukan Ketika Ibu Rumah Tangga Sakit

Yang Harus Dilakukan Ketika Ibu Rumah Tangga Sakit

Tips Ketika Ibu Rumah Tangga Sakit

Segala urusan rumah tangga umumnya merupakan tanggung jawab seorang ibu, terutama ibu rumah tangga full timer alias tidak bekerja di luar. Mulai dari memasak, membersihkan rumah, menyiapkan keperluan kerja suami dan sekolah anak-anak, mencuci, dan masih banyak lagi. Hampir semua pekerjaan rumah hanya dilakukan ibu seorang diri ketika anak-anak berada di sekolah dan suami bekerja.

ketika ibu rumah tangga sakit
sumber: wordpress.com

Namun, ibu rumah tangga juga manusia, yang bisa merasa lelah bahkan sakit. Sayangnya, seorang ibu tidak bisa cuti dari pekerjaan rumah tangga. Lalu, bagaimana agar kehidupan tetap berjalan seperti biasanya meskipun Anda sedang sakit? Tak perlu stres dan cemas, berikut ini sederet rencana yang harus disiapkan ketika ibu rumah tangga sakit:

1. Beri pengertian

Katakan sejujurnya pada suami dan anak-anak bahwa Anda sedang sakit. Hindari menyembunyikan rasa sakit hanya karena merasa bersalah tidak bisa melayani anggota keluarga. Bagaimana pun juga Anda tetap membutuhkan waktu istirahat yang cukup saat sedang sakit agar bisa segera pulih. Berilah pengertian, terutama pada anak, apa-apa yang tidak bisa Anda lakukan secara maksimal selama Anda belum kembali sehat.

2. Meminta bantuan

Tanpa melibatkan saudara lainnya atau bahkan asisten rumah tangga, Anda bisa meminta bantuan suami dan anak-anak untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah, atau setidaknya meminta mereka untuk melayani dirinya sendiri sementara waktu. Hal ini akan lebih mudah jika suami dan anak-anak sudah terbiasa membantu Anda meringankan pekerjaan rumah, misalnya, menyiapkan sarapan. Kecuali, jika sang buah hati masih berusia sangat dini sehingga perlu diasuh orang dewasa lainnya selama Anda sakit.

Namun, jika Anda terpaksa harus menjalani perawatan di rumah sakit selama beberapa waktu, Anda bisa meminta bantuan saudara terdekat untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga sekaligus menemani anak-anak di rumah.

3. Biarkan berjalan apa adanya

Mungkin Anda merasa akan ada banyak hal di rumah yang dikerjakan tidak sesempurna ketika Anda membereskannya sendiri. Tak perlu khawatir, Ladies, biarkan saja segalanya berjalan apa adanya meskipun sedikit berantakan. Stres malah akan memperparah sakit yang Anda rasakan.

4. Having fun!

Siapa bilang Anda tak bisa sedikit bersenang-senang ketika sedang sakit? Anda mungkin banyak menghabiskan waktu berbaring di tempat tidur, tetapi Anda bisa menonton film, mendengarkan lagu, membaca buku, atau menggambar bersama anak-anak. Jika mungkin sebelumnya anak-anak tidak dibiasakan bermain di tempat tidur, khusus ketika Anda sedang sakit, biarkan anak-anak menemani Anda di kamar sambil tetap bermain.

Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan saat sedang sakit. Yang terpenting Anda bisa beristirahat sebanyak mungkin dan tetap bisa menikmati waktu bersama keluarga.

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

cek kesehatan secara rutin

Ini Pentingnya Cek Kesehatan Secara Rutin!

Mengapa Cek Kesehatan Secara Rutin itu Penting? Dalam setahun, berapa kali Anda pergi ke dokter, …