Thursday , October 18 2018
Home / Travel / Yang Penting Diperhatikan Saat Naik Pesawat

Yang Penting Diperhatikan Saat Naik Pesawat

Perhatikan Hal-Hal Berikut ketika Naik Pesawat

Untuk Anda yang sudah pernah atau bahkan sering bepergian dengan pesawat, pastinya Anda sudah banyak tahu peraturan-peraturan yang ada di pesawat. Namun ternyata masih ada beberapa orang yang tampaknya menyepelekan peraturan yang dibuat demi keselamatan seluruh penumpang pesawat tersebut. Nah, hal-hal penting apa saja yang harus selalu diperhatikan saat naik pesawat?

naik pesawat
sumber: klimg.com

1. Barang bawaan

Bawalah barang yang benar-benar Anda butuhkan, bukan yang Anda inginkan, untuk menghindari overweight (kelebihan bagasi). Kelebihan bagasi berpotensi membahayakan seisi pesawat selama penerbangan. Dan tentu saja Anda tidak diperbolehkan membawa barang-barang yang mudah terbakar dan beracun.

Jika Anda membawa alat-alat olahraga/beladiri, atau benda tumpul yang berpotensi menyebabkan cedera, sebaiknya disimpan dalam bagasi check in. Bungkus/kemas benda tersebut dengan rapi. Perhatikan juga untuk menyimpan sabun cair, sampo, atau parfum dalam kemasan botol 100ml. Simpan semua perlengkapan tersebut dalam satu tas atau kantung yang bisa masuk dalam koper di bagasi check in.

2. Nomor kursi

Nomor kursi sudah tertera pada tiket yang Anda miliki, maka Anda harus duduk sesuai nomor yang telah ditentukan tersebut. Perhatikan melalui pintu mana Anda naik ke pesawat: jika nomor kursi Anda berada di urutan awal, naiklah dari pintu depan, sementara untuk nomor kursi tengah sampai akhir, naiklah dari pintu belakang. Segera setelah menemukan kursi Anda, letakkan barang bawaan di bagasi kabin (kecuali tas kecil atau dompet) dan duduk agar tidak mengganggu penumpang lain yang lewat.

3. Alat elektronik

Begitu Anda memasuki pesawat, pastikan ponsel, laptop, kamera, PDA, tablet, music player, dan alat elektronik lain yang Anda bawa sudah dimatikan. Tak perlu menunggu sampai pesawat lepas landas atau bahkan ditegur awak pesawat dan penumpang lain untuk melakukannya karena hal ini ditujukan untuk keselamatan diri Anda sendiri dan seisi pesawat.

Selama berada di dalam pesawat, mulai dari ketika pesawat masih ada di tempat parkir sampai mendarat di tujuan, semua alat elektronik Anda harus dimatikan agar tidak mengganggu gelombang radio/elektromagnetik yang membantu fungsi komputer pesawat. Karena sinyal dan gelombang radio dari ponsel akan mengganggu sistem komunikasi dengan menara kontrol, sistem navigasi penerbangan, sistem kendali, dan pengaturan udara dalam kabin pesawat.

Jangan ragu menegur penumpang lain yang belum mematikan ponsel/laptopnya. Bayangkan jika peralatan elektronik pesawat tiba-tiba hang (macet) karena gangguan sinyal alat elektronik penumpang.

4. Petunjuk keselamatan

Meski Anda sudah puluhan kali naik pesawat, jangan sepelekan petunjuk keselamatan yang diperagakan awak pesawat. Kalau Anda sering tidak menghiraukannya, mulai sekarang simak baik-baik petunjuk keselamatan yang diberikan tersebut dan bacalah instruksi yang ada di bangku.

Jangan lupa untuk selalu mengenakan sabuk pengaman selama Anda berada di dalam kabin meski lampu tanda sabuk pengaman sudah dimatikan. Jika tidak ada keperluan, Anda sebaiknya tetap duduk sampai pesawat tiba di tujuan dan berhenti dengan sempurna.

Perlu diingat bahwa transportasi udara sangat jauh berbeda dari transportasi darat/laut. Resikonya juga jelas lebih besar meskipun lebih cepat sampai di tujuan. Maka, jagalah keselamatan diri Anda dengan selalu mematuhi peraturan yang ditentukan.

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

liburan asik dengan budget minim

Liburan Asik dengan Budget Minim, Mungkinkah?

Tips Liburan Asik dengan Budget Minim Siapa yang tak suka berlibur. Menikmati waktu santai bebas …