Thursday , August 16 2018
Home / Gaya Hidup / Kesehatan / Serba-Serbi Kulkas (1): Yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas?

Serba-Serbi Kulkas (1): Yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas?

Apa Saja Makanan yang tidak boleh Disimpan Di Kulkas?

Seringkali Anda berbelanja bahan makanan cukup banyak agar tidak perlu bolak-balik ke pasar atau supermarket. Kemudian belanjaan itu disimpan di kulkas supaya tahan lama dan tetap segar. Eitts, tunggu dulu, Anda harus memilah bahan makanan mana yang tidak boleh disimpan di kulkas. Karena bukannya tetap segar dan awet, tapi malah mempercepat pembusukan. Nah, makanan yang tidak boleh disimpan dalam lemari es adalah:

imsehat.com
imsehat.com

1. Kentang

Karena kandungan tepung pada kentang cukup banyak, menyimpan kentang dalam kulkas menyebabkan perubahan tekstur dan warna kentang saat dimasak. Kadar proteinnya juga akan berkurang. Sebaiknya bungkus kentang dengan kertas dan simpan pada suhu ruang.

2. Tomat

Kadar air pada tomat akan meningkat jika disimpan dalam kulkas, akibatnya tomat lebih cepat pucat dan lembek. Nah, otomatis nilai gizi dan kandungan antioksidan tomat berkurang. Lebih baik beli tomat secukupnya saja dan simpan di luar kulkas.

3. Bawang merah, bawang putih, bawang bombay

Ketiga jenis bawang ini sebaiknya disimpan dalam wadah kering, tapi tidak di dekat kentang karena gas dan kelembabannya bisa merusak bawang. Menyimpan bawang di kulkas menyebabkan bawang cepat lembek dan rusak, serta mengubah tekstur rasanya. Aroma bawang juga akan mempengaruhi makanan lain.

4. Kecap, saus, dan madu

Tekstur kecap, saus, dan madu akan mudah mengental, dan cita rasanya berkurang jika disimpan di dalam kulkas. Simpan saja di meja dapur atau meja makan.

5. Kemangi

Kemangi akan cepat layu dalam kulkas. Simpan kemangi dalam kantung plastik yang telah dilubangi untuk sirkulasi udara. Atau letakkan saja dalam wadah di meja dapur.

6. Melon

Jika sudah terpotong, boleh disimpan dalam kulkas. Namun dalam keadaan utuh, melon harus disimpan di suhu ruang agar kandungan antioksidannya tetap terjaga.

7. Alpukat

Avokad yang masih keras atau belum matang lebih baik di simpan di luar kulkas. Sementara yang sudah matang boleh disimpan dalam kulkas.

8. Semangka

Meskipun tampaknya akan lebih segar jika dingin, namun sebaiknya semangka tidak disimpan dalam kulkas untuk menjaga kandungan nutrisinya.

9. Bumbu dapur bubuk

Bumbu dapur bubuk akan mengalami kondensasi (pengembunan) dan menjadi lembab jika disimpan di lemari es. Simpan saja dalam wadah di meja dapur.

10. Minyak

Semua jenis minyak akan menggumpal dalam temperatur rendah dan membutuhkan waktu cukup lama untuk mencairkannya lagi.

Nah, silakan cek kembali isi kulkas Anda.

About Puteri Krisnasekar

Lahir di rumah sakit pada 11 maret 1986. Saya seorang happy single mom yang sibuk ulak ulik bahasa Inggris dan nulis di gendies.com. Sangat suka browsing quotes, nyemil, nulis, dengerin Tompi. Dan punya buku karya sendiri adalah mimpi yang belum terwujud.

Check Also

ke dokter gigi

Rutin Ke Dokter Gigi Mulai Sekarang Yuk!

Seberapa Penting Pergi Ke Dokter Gigi? Sudahkah Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi tahun …